Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini merupakan salah satu program studi yang ada di lingkungan Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan Institut Agama Islam Negeri Palopo yang lahir berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 542 Tahun 2015 tanggal 28 Januari 2015 tentang Pendirian Program Studi pendidikan Islam Anak usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan Institut Agama Islam Negeri Palopo dan sesuai dengan PMA No. 36 Tahun 2009 tentang Penetapan Pembidangan Ilmu dan Gelar akademik di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam.

Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) merupakan program studi pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan IAIN Palopo dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 542 tanggal 28 Januari 2015 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi PGRA pada Program Sarjana Institusi Islam Negeri  (IAIN) Palopo Tahun 2015. Kemudian mengubah nama program studi berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 6943 tanggal 07 Desember 2016 tentang Perubahan dan Penyusaian Nomenklatur Program Studi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Program Studi PIAUD ini sesungguhnya merupakan program studi yang sangat prestisius dan prospektif dalam konteks pengembangan dan peningkatan mutu lembaga-lembaga pendidikan Islam anak usia dini. Selain itu, program studi ini juga merupakan program studi yang telah lama dinantikan oleh stakeholders dan user. Eksistensi Program Studi PIAUD ini didasari atas pemikiran dan fakta tentang perlunya lembaga-lembaga pendidikan Islam dikelola dengan standar mutu. Agar lembaga-lembaga pendidikan Islam dikelola dengan standar mutu, diperlukan adanya tenaga- tenaga pendidik Islam anak usia dini yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Atas pertimbangan kondisi tersebut, program studi PIAUD dituntut menyiapkan lulusannya menjadi tenaga pendidik anak usia dini yang bermutu. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan Institut Agama Islam Negeri Palopo menetapkan visi dan misi sebagai acuan program studi

Wilayah kajian Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan IAIN Palopo, termasuk di dalamnya prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) mencakup seluruh bidang keilmuan di atas, yang dikembangkan melalui konsep hadlarah al-nash, hadlarah al-‘ilm maupun hadlarah al-falsafah dan dikaji secara integratif dan interkonektif. Dengan demikian seluruh bidang keilmuan itu dapat dikatakan sebagai ilmu-ilmu ke-Islaman, selama ontologis, epitemologis, dan aksiologis berangkat dari dan sesuai dengan nilai-nilai etis keislaman yang humanistik. Hal-hal tersebut di atas yang melatarbelakangi penyusunan Kurikulum Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).

Landasan Teologis 
Adalah dasar pengembangan yang berkaitan dengan nilai-nilai ilahi yang terdapat pada Al-Qur’an dan As-Sunnah yang merupakan nilai yang kebenarannya mutlak dan universal. Prinsip dalam pendidikan islam tentang penyusunan kurikulum menghendaki keterkaitannya dengan sumber pokok agama yaitu Al-Qur’an dan Hadis.
Landasan Filosofis 
Yakni asumsi filosofis yang dijadikan titik tolak dalam rangka studi dan praktek yang berkaitan dengan kurikulum inklusif dan humanis. Maksud dari Inklusif adalah tidak menganggap kebenaran tunggal yang hanya didapat dari satu sumber, melainkan menghargai kebenaran yang berasal dari beragam sumber. Humanis berarti walaupun berbeda pandangan keagamaan tetap menjunjung tinggi moralitas universal.
Landasan Kultural 
Landasan kurikulum yang berhubungan dengan kebudayaan sebagai gagasan dan karya manusia beserta hasil budi dan karya yang selalu terkait dengan pendidikan, utamanya belajar. Kurikulum yang diterapkan harus berbasis pada pemaduan antara globalisme-universalisme dan lokalisme-partikularisme guna pengem bangan keagamaan dan keilmuan.
Landasan Sosiologis 
Kurikulum yang berdasarkan dengan asumsi-asumsi yang berasal dari sosiologi yang dijadikan titik tolak dalam pengembangan kurikulum. Sosiologis merupakan ilmu pengetahuan yang menyelidiki berbagai geala sosial hubungan antar individu, antar golongan dan antar lembaga sosial atau masyarakat.                          
Landasan Psikologis 
Landasan ini menuntut kurikulum untuk memperhatikan dan mempertimbangkan aspek peserta didik dalam pelaksanaan kurikulum sehingga pada saat pelaksanaan kurikulum apa yang menjadi
Landasan Yuridis 
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.05/2007 tentang Dewan Pengawas Badan Layanan Umum
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Nasional Pendidik
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2005)
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah  No. 19 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi
Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 1999 tentang Perguruan Tinggi Berbadan Hukum Milik Negara (BHMN)
Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 542 tanggal 28 Januari 2015 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi PGRA pada Program Sarjana Institusi Islam Negeri  (IAIN) Palopo Tahun 2015.
Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 6943 tanggal 07 Desember 2016 tentang Perubahan dan Penyusaian Nomenklatur Program Studi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Profil Utama

Menjadi guru pendidikan islam anak usia dini pada satuan atau program Pendidikan dalam bentuk Raudatul Athfal (RA)/ Bustanul Athfal (BA)/ Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) yang memiliki kepribadian baik dalam sikap, memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang kepaudan, dan memiliki keterampilan dalam pembelajaran.

Profil Tambahan

Menjadi konsultan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Aspek Sikap dan Tata Nilai 

No.

Capaian Pembelajaran/Learning Outcomes

Tenaga Pendidik PIAUD

Konsultan PIAUD

1.

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan Bersungguh-sungguh dan mampu menunjukkan sikap religius

2.

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan moral dan etika

3.

Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan kemajuan peradaban islamiah berdasarkan Pancasila

4,

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara, agama dan bangsa

5.

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

6.

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

7.

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, dan bernegara

8.

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

9.

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pendidikan anak usia dini secara mandiri

10.

Menginternalisasi semangat kemandirian untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas

Aspek Pengetahuan 

No.

Capaian Pembelajaran/Learning Outcomes

Tenaga Pendidik PIAUD

Konsultan PIAUD

1.

Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar-dasar ilmu pendidikan islam anak usia dini dan memanfaatkan IPTEK yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

2.

Mampu menerapkan dan mengkombinasikan kemampuan pengembangan dalam pembelajaran seni pendidikan islam anak usia dini

3.

Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum dalam  memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora pada mauatan ilmu pendidikan islam anak usia dini

4,

Mampu menunjukkan kinerja di bidang PIAUD yang mandiri, bermutu, dan terukur

5.

Mampu menunjukkan manajerial lembaga PIAUD yang mandiri, bermutu, dan terukur

6.

Mampu menyelesaikan masalah pertumbuhan dan  perkembangan serta stimulasinya bagi anak usia dini yang mencakup dalam STTPA yaitu NAM, Fisik Motorik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, Seni.

7.

Mampu menunjukkan kebutuhan orang tua, stakeholder dan masyarakat sekitar yang bertumpu pada nilai-nilai kearifan lokal dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

8.

Mampu menguasai pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam mengembangkan program kegiatan bermain AUD

9.

Mampu mengembangkan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam mengembangkan sumber dan media pembelajaran AUD

10.

Melakukan mengevaluasi pembelajaran anak usia dini secara mandiri, bermutu, dan terukur

11.

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

12.

menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengumpulkannya dalam Prodi PIAUD, perpustakaan, LP2M perguruan tinggi IAIN Palopo

13.

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian penddidikan islam anak usia dini dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir

14.

Melakukan analisis informasi dan data penelitian pendidikan islam anak usia dini berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir

15.

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang Pendidikan islam anak usia dini

16.

Mampu mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah pertumbuhan dan perkembangan AUD berdasarkan hasil analisis informasi dan data

17.

Mampu mengambil keputusan dalam memberikan bimbingan dan konseling pada anak usia dini berdasarkan hasil analisis informasi dan data

Aspek Keterampilan 

No.

Capaian Pembelajaran/Learning Outcomes

Tenaga Pendidik PIAUD

Konsultan PIAUD

1.

Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan kajian Pendidikan Islam Anak Usia Dini

2.

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sebagai guru PIAUD yang profesional

3.

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai kajian Pendidikan Islam Anak Usia Dini Berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi dan mengumpulkannya di Prodi PIAUD

4.

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengumpulkannya dalam Prodi PIAUD

5.

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah sesuai kajian Pendidikan Anak Usia Dini di bidang PIAUD, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

6.

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

7.

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

8.

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

9.

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi


Smt

Kode MK

Nama Mata Kuliah*

Bobot SKS

SKS MK dalam Kurikulum

Bobot Tugas***

Kelengkapan****

Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara

Inti**

Insti-tusional

Deskripsi

Silabus

RPS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

I

MKI1912001

Bahasa Indonesia

2

 

INSTITUSI

MKI1912002

Bahasa Arab

2

 

INSTITUSI

MKI1912003

Bahasa Inggris

2

 

INSTITUSI

MKI1912004

MBTA

2

 

INSTITUSI

MKI1912005

Ulumul Quran

2

 

INSTITUSI

MKI1912006

Ulumul Hadis

2

 

INSTITUSI

MKAUD12001

Logika

3

 

PRODI

MKAUD12002

Pengantar Komputer

3

 

PRODI

MKAUD12003

Bimbingan dan Konseling AUD

3

 

PRODI

MKAUD12004

Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini

3

 

PRODI

Jumlah

24

 

 

 

 

 

 

 

II

 

Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

INSTITUSI

 

Kewirausahaan

2

 

INSTITUSI

 

Tauhid

2

 

INSTITUSI

 

Pengantar Filsafat

2

 

INSTITUSI

 

Teori dan Praktek Dakwah

2

 

INSTITUSI

 

Studi Islam dan Kearifan Lokal

2

 

INSTITUSI

MKF0212001

Ilmu Pendidikan

2

 

FAKULTAS

 

Strategi Pembelajaran Anak

3

 

PRODI

 

Metode Pengembangan Estetika

3

 

PRODI

 

Pengembangan Kurikulum Pendidikan AUD

3

 

PRODI

Jumlah

23

 

 

 

 

 

 

 

III

 

Psikologi Pendidikan

2

 

FAKULTAS

 

Teknik Penulisan Karya Ilmiah

2

 

FAKULTAS

 

Metode Penelitian

3

 

PRODI

 

Perkembangan Peserta Didik

2

 

PRODI

 

Perkembangan Kognitif, Kreativitas, dan Bahasa

3

 

PRODI

 

Perencanaan Kegiatan Belajar AUD

3

 

PRODI

 

Sumber dan Media Pembelajaran AUD

3

 

PRODI

 

Bahasa Arab untuk Anak

3

 

PILIHAN

 

Bahasa Inggris untuk Anak

3

 

PILIHAN

Jumlah

24

 

 

 

 

 

 

 

IV

 

Evaluasi Pembelajaran  AUD

3

 

PRODI

 

Sosio-Antropologi AUD

3

 

PRODI

 

Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral

3

 

PRODI

 

Pengembangan Afeksi Anak

3

 

PRODI

 

Pengembangan Motorik Anak

3

 

PRODI

 

Pengembangan Permainan Edukatif

3

 

PRODI

 

Pengembangan Bakat dan Minat Anak

3

 

PRODI

 

Statistik Pendidikan

3

 

PRODI

Jumlah

24

 

 

 

 

 

 

 

V

 

Pendidikan Islam dan Budaya Lokal

2

 

 

 

FAKULTAS

 

Program Latihan Profesi (PLP) I

2

 

FAKULTAS

MKF0212003

Manajemen Pendidikan

2

 

FAKULTAS

 

Metode Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

3

 

PRODI

 

Pengembangan Moral Pembelajaran Sentra

3

 

PRODI

 

Pembelajaran Seni Musik dan Seni Suara

3

 

PRODI

 

Teknik Bercerita

3

 

PRODI

 

Olahraga dan Senam untuk Anak

3

 

PILIHAN

 

Outbond Kids

3

 

PILIHAN

Jumlah

24

 

 

 

 

 

 

 

VI

 

Isu-isu Pendidikan Anak

3