Tim Borang Program Studi Persiapkan Visitasi Akreditasi Prodi

Kopi mempunyai peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Namun sayangnya tata kelola kopi belum maksimal sehingga belum bisa memberikan dampak perekonomian yang baik, khususnya bagi kalangan petani. Oleh karena itu diperlukan suatu terobosan baru untuk memperbaiki tata kelola kopi, yaitu dengan digitalisai kopi.

Kopi berasal dari biji kopi yang dihaluskan. Penyebutan kata kopi di Indonesia diserap dari bahasa Belanda koffie. Kata koffie diserap dari bahasa Turki kahveh. Kata kahveh diserap dari bahasa Arab qahwah. Qahwah bermakna kekuatan, karena pada masa itu kopi digunakan sebagai minuman berenergi tinggi.
Ketika diolah menjadi minuman nama kopi menjadi bermacam-macam, ada kopi hitam, espresso, latte, cappucino, dan lain sebagainya. Kopi berbeda dengan minuman lainnya, ia bisa disajikan dengan berbagai cara. Dari cara penyajiannya inilah melahirkan nama minuman kopi bermacam-macam. Contoh : kopi hitam, minuman kopi yang diekstak langsung dari perebusan biji kopi dan disajikan dengan penambahan gula. Kopi espresso, minuman kopi yang diekstrak  menggunakan uap panas pada tekanan tinggi. Latte, kopi espresso yang disajikan dengan susu menggunakan perbandingan  3 banding 1. Cappucino, minuman kopi yang disajikan dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat, dan lain sebagainya.
Sebagai minuman, kopi tidak hanya sekedar penghilang haus, kopi juga memberikan inspirasi bagi penikmatnya. Telah lahir ribuan puisi yang mengangkat tema kopi, banyak para penulis yang menjadikan kopi sahabat setia dalam berkarya. Bahkan kopi telah menjadi sebuah filosopi dikalangan penggemarnya.
Dari banyaknya jumlah ekspor kopi, Indonesia menduduki peringkat ke 4 sebagai pengekspor kopi terbesar di dunia pada kurun waktu 2016 – 2017. Adapun provinsi yang berkontribusi bagi produksi kopi Indonesia antara lain Bengkulu, Sulawesi Selatan, dan Lampung untuk kopi jenis robusta. Sedangkan untuk jenis kopi arabika Aceh dan Sumatera Utara. Bahkan Indonesia memiliki jenis kopi spesial yaitu kopi luwak, kopi Toraja, kopi Aceh dan kopi Mandailing. Selain jenis kopi yang sudah disebutkan, saat ini ada komoditas kopi baru yang beredar, namanya Kopi Blockchain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *